Friday , July 30 2021

UMAT MUSLIM HARUS TAU! 5 Keutamaan di Bulan Ramadhan

Umat Muslim Harus Tahu! Inilah 5 Keutamaan di Bulan Ramadhan

oleh : Verani Rayya

 

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Puasa merupakan bagian dari rukun islam, dimana hal tersebut wajib dilaksanakan bagi setiap umat muslim. Bukan hanya itu saja, bulan ramadhan dilatar belakangi oleh dikirimkannya wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. Wahyu tersebut adalah turunnya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183 telah berisikan peringatan tentang kewajiban puasa ramadhan. Sebagaimana ayat berikut :

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqarah : 183 )

 

Di bulan ramadhan yang indah ini terdapat banyak sekali keutamaan atau berkah yang melimpah ruah bagi umat muslim. Berikut ini adalah keutamaan atau berkah yang bisa kita dapatkan di bulan suci ini :

1. Terbukanya Pintu Ampunan

 Bertaubat di bulan ramadhan adalah waktu yang mendukung dan mampu meningkatkan iman dengan bagus. Karena saat ramadhan seluruh umat muslim berlomba-lomba mengerjakan kebaikan, hal ini justru mendorong kita untuk semakin lebih baik kedepannya.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

dengan menjalankan kewajiban serta sunnah di bulan Ramadhan, kita mendapat ampunan dan pahala loh… Yuk lebih ditingkatkan lagi ibadahnya.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

 Nabi Muhammad SAW, bersabda “Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

segala bentuk kebaikan yang kita lakukan di bulan ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Allah SWT adalah dzat yang Maha Memberi, jika kita melakukan amalan atau ibadah di bulan suci ramadhan, maka dengan penuh rasa cinta Allah akan memberi pahala yang berlipat ganda kepada kita, yakni hamba-Nya yang mau beribadah.

3. Terbukanya Pintu Surga dan Tertutupnya Pintu Neraka

 Ketika ramadhan tiba, pintu surga akan terbuka luas bagi manusia yang mau beribadah dengan sungguh-sungguh. Surga akan menantikan orang-orang yang tak pernah lalai dengan ibadahnya. Bukan hanya itu saja pada saat ramadhan, para setan akan dikurung sehingga tidak mampu menggoda para manusia. Hal ini bertujuan untuk mempermudah puasa umat muslim agar terhindar dari godaan setan yang terkutuk.

 

baca juga : Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

4. Napas Orang Berpuasa Lebih Wangi di Sisi Allah SWT, Daripada Minyak Kesturi

 Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Umatku diberikan lima perkara di bulan Ramadhan yang belum pernah diberikan kepada umat sebelumnya: mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah SWT dari pada minyak kesturi, malaikat memintakan ampunan untuk mereka hingga berbuka, setiap hari Allah SWT menghiasi surga-Nya dan berfirman: sudah dekat hamba-hamba-Ku yang shaleh meninggalkan beban dan berpulang kepada-Ku, setan-setan dibelenggu maka mereka tidak bisa mencapai apa yang bisa mereka capai di bulan yang lain, dan Allah SWT mengampuni mereka di akhir malam”.

Orang yang berpuasa lebih dicintai oleh Allah, meskipun di dunia napas orang yang berpuasa tercium tidak sedap, namun dihadapan Allah, napas orang yang berpuasa jauh lebih wangi dibandingan minyak kesturi. Hal ini tentu menjadi berkah yang paling nikmat karena terlihat baik di sisi Allah daripada terlihat baik di sisi hamba-Nya saja.

5. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam dimana Allah SWT menurunkan wahyu berupa ayat- ayat suci Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril. Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatur Qadar terjadi pada saat 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, yakni sekitar malam 21 Ramadhan. Pada saat malam Lailatur Qadar kita dianjurkan untuk memanjatkan do’a kepada Allah SWT, karena pada malam tersebut InsyaAllahdo’a kita akan diijabahi oleh Allah SWT.

 

Itulah 5 keutaman yang dapat kita dapatkan di bulan suci Ramadhan ini. Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan yang tersimpan dibalik indahnya bulan penuh berkah ini.

Sungguh nikmat bukan? Kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari amalan shaleh yang kita perbuat, dan hal ini yang mampu mengantarkan kita ke Surga-Nya.

Mari kita tingkatkan iman dan terus mendekatkan diri kepada Allah, karena apa yang kita perbuat di dunia akan menjadi penentu hidup kita di akhirat kelak. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa dan amalan shaleh lainnya yaaa…!! Semoga kita mampu menjadi teman sedunia dan sesurga. Aamiin….

About Marwa Sungkar

Check Also

ramadan berkah musiman

Ramadan, Berkah Musiman?

Ramadan, Berkah Musiman? Oleh : Sri Wardani Kita sangat familiar dengan kata berkah. Dalam Kamus …

41 comments

  1. Masya Allah, terima kasih ilmunya yaa, Verani. Semoga kita selalu bisa merengkuh berkah Ramadan. Aamiin. Sukses selalu untukmu

  2. Alhamdulillah

  3. Hidayatul Mudawiyah

    Weeeewwwsmngttt

  4. Ramadhan Mubarak

  5. haiii kamuu,,,,semangat ya!!!!

  6. Eli Wahyuni Nasution

    Masya Allah sangat bermanfaat

  7. Muhammad Irham Maulana

    Mantapp,, keren Kak Verani

  8. Felicya Krisdyawanti

    Tetap semangat dalam menyebarkan kebaikan

  9. Semoga kita dipertemukan lagi dengan ramadhan tahun depan
    Aamiin

  10. Ramadhan Mubarak

  11. Keren

  12. Penjelasannya bagus semoga bermanfaat dan ngalir terus pahala sharing ilmu nya

  13. Penjelasannya lengkap dan mudah dipahami. Semoga bermanfaat dan ngalir terus pahala ilmu nya

  14. Masya Allah tabarakallah

  15. ARTIKEL INI SANGAT BAGUS SEKALI MBAKKKKKK.

  16. Alhamdulillah artikel ini sangat membantu saya.

  17. semangat para penulis

  18. Terus semangat

  19. journal does hydroxychloroquine really work sensitive https://hydroxychloroquined.online/ – hydroxychloroquine company manufacturer acupressure hydroxychloroquine dosage for coronavirus

  20. What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have discovered It positively helpful and it has helped me out loads. I’m hoping to contribute & aid other users like its helped me. Great job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *