Program "Tahfizh Qur'an"


Program Tahfizh Qur'an

Dasar program in mengacu pada sabda nabi Muhammad SAW, “ Sesungguhnya jiwa yang tiada dalam dadanya Al Qur’an, seperti rumah yang runtuh.” Maka setelah santri selesai di jenjang tahsin, selanjutnya ke program tahfidz.

Program Tahfdiz al – Qur’an ini merupakan program pendidikan al – Qur’an untuk Anak – Remaja – Dewasa. Adapun tujuan program Tahfizh Qur’an ini adalah selain membiasakan diri dalam berinteraksi dengan Al Qur’an yang akan menjadi ahlullah (keluarga Allah) diakhirat kelak. Sedangkan target program Tahfizh Qur’an adalah 2 juz dalam 3 semester, dengan masing – masing 1 semester sebanyak 1 juz.

Dalam setoran hafalan yang diterapkan di Rumah Qur’an Ihya Ul Ummah ini di awali dari juz 30,29,28 dan seterusnya. Adapun materi penunjang yang di berikan dalam proses menghafal ini diantaranya adalah memperkuat “Murojaah” dan “Tahsin Tilawah” ( Memperbaiki bacaan Al – Qur’an). Seseorang yang sudah mampu membaca Al Qur’an dengan lancar dan benar maka ia disebut Mahir atau Mutqin.

Murojaah bersama selalu di lakukan oleh santri Tahfidz Rumah Qur’an di awal pembukaan kelas hal ini bertujuan agar hafalan yang sudah di hafal semakin melekat dan mutqin.

Sesi ziyadah yaitu sesi dimana para santri menyiapkan hafalan barunya untuk di setorkan kepada gurunya.