Sunday , November 28 2021

Al Qur’an Berbicara Tentang Riba (3)

Tahapan Ketiga dalam Pengharaman Riba

Pengharaman riba dimulai dengan turunnya firman Allah SWT dalam surah Ali ‘Imran,

wahai orang-orang beriman! Janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah SWT agar kamu beruntung. Dan peliharalah dirimu dari api nereka, yang disediakan bagi orang-orang kafir. Dan taatlah kepada Allah dan Rasul (Muhammad) agar kamu di beri rahmat.” ( Ali ‘Imran : 130-132)

Ayat diatas merupakan peringatan keras kepada kaum Muslimin untuk menjauhi praktik peminjaman yang menggunakan system bunga berlipat. Ali ‘Imran merupakan surah Madaniyah yang menitikberatkan uaraiannya untuk mewujudkan dua sasaran pokok.

Pertama, mengokohkan prinsip-prinsip tauhid dengan mengetengahkan berbagai dalil yang mudah dicerna dan dipahami. Sebagai contoh, pada awal surah saja telah dipaparkan masalah penurunan AlQur’an kepada Rasulullah saw,

Alif Lam Mim, Allah , tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup Yang terus menerus mengurus
(makhluk-Nya). Dia menurunkan kitab membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, sebelumnya sebagai petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqan…
( Ali ‘Imran : 1-4)

Kedua, mendiagnosa berbagai penyakit yang biasanya menyebakan berbagai kemaksiatan, kejahatan, pembengkangan, serta keingkaran, yaitu teperdayaan manusia oleh harta, anak, kekuasaan, dan kehormatan. Hal inilah yang senantiasa menyebabkan manusia, disetiap tempat dan masa, berpaling dari kebenaran. Penyakit-penyakit ini pulalah yang menjadi penutup mata hati, sehingga manusia tidak lagi bisa melihat cahaya terang yang dibawa oleh para rasul dan kitab suci.

Ditengah iklim yang memeotivasi umat Islam untuk mengambil pelajaran dri berbagai peristiwa inilah, Al- Qur’an kemudia memaparkan pentingnya manusia memandang kecil harta agar tidak teperdaya.

Baca Juga : Al Qur’an Bericara Tentang Riba (2)

Ayat ketiga dalam surat Ali Imran diatas menggunakan tedaksi “Hai orang-orang yang beriman.” Penyeruan umat dengan sifat iman ini mengisyaratkan, bahwa sesungguhnya eksistensi iman dalam hati seseorang Muslim bertolak belakang dengan praktik riba yang lazimnya diikuti dengan serangkaian tindakan tercela seperti egoisme, penindasan, penganiayaan dan pemanfaatan atas kesempitan orang lain. Hal itu dikarenakan iman justru mneggiring kepada terbentuknya masyarakat yang bersih, aman berkasih sayang, serta mengsusung prinsip saling menolong dan kerja sama dalam interaksi anatarindividu, sebagaiman difirmankan-Nya

Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagaian mereka menjadipenolong bagi sebagian lain..” (at-Taubah: 71)

Pantaskah seorang Muslim memakan harta saudaranya yang lain melalui praktik riba yang berlipat
ganda? Secara tegas tentang jawabannya, “Tidak!” Pasalnya, apa yang diharapakn justru sebaliknya, yaitu lahirnya seorang Muslim yang menjadikan ketakwaan sebagai panglima hidupnya serta menaati perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Lebih lanjut, seorang yang beriman itu adalah yang bersikap positif dalam hidup, giat bekerja, tidak pesimistis, serta senantiasa bersegera menuju ampunan Allah SWT. Mereka adalah orang-orang yan memiliki sifat sebagaimana disitir dalm surah Ali’Imran ayat 133 dan 134.

“Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

 

About

Check Also

Berkah Ramadhan tanah Palestina

Berkah Ramadhan di Tanah Palestina

Menimba Berkah Ramadhan di Tanah Palestina oleh : Habibah Auni    Pada suatu senja yang …

12 comments

  1. As I website possessor I think the content material here is really great, appreciate it for your efforts.

  2. very nice publish, i actually love this web site, keep on it

  3. Good post. I study one thing more challenging on totally different blogs everyday. It can at all times be stimulating to read content from other writers and observe slightly one thing from their store. I’d desire to use some with the content material on my weblog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a hyperlink in your internet blog. Thanks for sharing.

  4. Hiya very nice blog!! Guy .. Excellent .. Amazing .. I’ll bookmark your web site and take the feeds also?KI’m satisfied to search out so many helpful information here within the submit, we want work out extra strategies in this regard, thanks for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *