Sang Pembelajar Sejati

Sang Pembelajar Sejati

Rumah Qur’an Ihya Ul Ummah adalah salah satu lembaga pembelajaran Al Qur’an yang memberikan pelayanan bagi umat dalam memberantas Buta Huruf Al Qur’an, Perbaikan Bacaan Al Qur’an (Tahsin) dan Metode dalam Menghafal Al Qur’an (Tahfizh).

Dengan hati yang penuh ikhlas, langkah kaki yang tanpa lelah, dan mulut yang tak berhenti mengucapkan lantunan ayat- ayat cita Allah SWT dari para pengajar dan para santri, semua itu tergerak karena hidayah dan kehendak Sang Illahi yang selalu menunjukkan setiap jalan-jalan kebaikan bagi siapaun yang merelakan dirinya untuk kebaikan.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam metode pembelajaran, Rumah Qur’an banyak belajar dari beberapa lembaga yang telah lebih dulu mengajarkan Al Qur’an dengan cara yang terbaiknya. Maka RQ pun ingin dapat mencari metode tersendiri dalam proses belajar yang paling efektif.

Beberapa lembaga yang telah Rumah Qur’an lakukan studing banding diantaranya LTQ Al Hikmah, Fahim Qur’an, Pondok Al Hikmah Bogor, Pondok Nurul Hikmah Ciputat, Pondok Wadi Mubarok, Menghafal Al Qur’an Semudah Tersenyum, Pondok Qur’an Motivator, Pondok Leadership, Pondok Saudagar Tahfizh.

Tidak hanya meriset dari lembaga al quran di atas saja, Rumah Qur’an Ihya Ul Ummah pada tanggal 24 Desember 2017 menggandeng Pondok Motivator Qur’an Ekselensia Indonesia dalam mencetak para hafizh dan hafizhah melalui acara Tahfizh Super Camp Rumah Qur’an Ihya Ul Ummah 2017.

Diacara Tahfizh Super Camp diikuti oleh 27 santri dari beberapa daerah di Indonesia. Dari 27 santri ini ada beberapa anak yatim yang kami ikut sertakan dalam acara ini yang berlangsung di Ponpes Motivator Qur’an Ekselensia Indonesia yaitu di daerah Depok. Dan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 24 – 28 desember 2017 dengan target para santri mampu menghafal sebanyak 3 Juz.

Disana para santri diajarkan metode yang telah dirancang oleh Rumah Qur’an dan dikolaborasi dengan metode di Ponpes Ekselensia. Selain diajarkan untuk semakin akrab dengan Al Qur’an, metode membaca Al Qur’an dan menghafalnya tetapi para santri diajarkan juga public speaking dan akhlak sebagai seorang muslim.

Berikut hasil capaian santri kami dalam acara Tahfizh Super Camp 2017:

Rumah Qur’an berharap dalam acara ini kami mampu mendapatkan insight dari hasil riset metode kami di beberapa Lembaga Tahfizh lainnya sehingga kami mampu memperoleh metode yang paling efektif bagi para santri yang ada di Rumah Qur’an Ihya Ul Ummah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *