Berlindung dari Empat Keburukan

Berlindung dari empat keburukan

 

 

Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari nafsu yang tidak pernah kenyang, dan dari doa yang tidak dikabulkan”

 

Doa berlindung dari empat keburukan, bersumber dari hadis yang diriwayatnkan Imam Muslim, sangat baik diucapakan setiap waktu untuk membentengi kita dari empat keburukan yang menistakan, yaitu: ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, nafsu yang tidak terpuaskan, dan doa yang tertolak.

Bila diperhatikan dengan seksama, keempat keburukan diatas memiliki hubungan satu sama lain. Pepatah bilang tidak berilmu seperti pohon tak berbuah. Tetapi, ilmu yang tidak bermanfaat tidak akan mendatangkan hidayah Tuhan. Alih-alih mendekatkan, ilmu yang tidak disinari hidayah malah menjauhkan seseorang dari Allah swt. Cobalah perhatikan lingkungan disekitar kita. Kejahatan yang semakin rapih dan canggih menggambarkan kapasitas keilmuan si pelaku yang tidak bisa dianggap remeh. Siapa sangka orang-orang bergelar akan mencuri kekayaan negara? Siapa kira para pemimpin menyalahgunakan wewenang dan jabatannya? Tetapi, itulah yang terjadi ketika ilmu kehilangan manfaatnya. Jika sudah begitu, hati pun menjadi tidak khusyu’.

Baca juga : Mengapa harus berdoa ?

Hati yang tidak khusyu’ berarti mengeras, membatu, dan bebal. Susah menerima kebenaran. Peringatan ayat-ayat Allah swt tak kuat lagi menembusnya. Akibatnya, seperti kehilangan pegangan, seseorang gampang menghalalkan berbagai cara untuk mencapai keinginannya. Rambu larangan diterobos tanpa takut. Jika sudah sedemikian parah, doa orang seperti itu tidak akan ada dikabulkan Allah swt.

 

Source : Doa Harapan Illahi & Rasul – Khalifurrahman Fath

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *